Nanjak Ke Mancak

rawa2
Gambar Boga Abah

Alkisah saya pulang dari Anyer nih sob cuma males banget lewat jalan yang itu-itu aja, malesnya tuh ketemu sama Pak Polisi alias razia cuyy. Ini nih yang bikin rusak liburan saya. Salahnya ya gegara gak bayar pajak tahun ini aja sih, emang gak bisa ya hutang dulu pak hihi ngarang yow.

Ok lupakan soal yang itu, and the lucky deepnya tuh saya jadi ketemu yang namanya Cagar Alam Rawa Danau, yang sebelumnya saya pernah baca di blognya kak Win a.k.a Winny Marlina ia kamu…kamu.. hahahy  gagal fokus. Parah ya daerah sendiri malah terlupakan dan tahunya dari orang lain yang jelas jauh dari Banten.

Maafkan soal yang itu ya sob, yang terpenting mari kita bahas ada apa aja disana. Cagar Alam Rawa Danau merupakan Wisata alam Rawa Danau terletak di kampung Panenjoan desa Luwuk kecamatan Gunung Sari kabupaten Serang. Termasuk wilayah konservasi alam yang masih asri dengan flora dan faunanya yang bahasa kekiniannya tuh endemik banget. Biasa juga tempat ini disebut Rawa Dano oleh warga sekitar Serang dan Cilegon beserta staffnya, ia kali pak camat.

Kebanyakan yang nampak ialah primata Monyet ekor panjang berwarna hitam yang menurut warga lokal disebut Lutung tapi gak pake Kasarung ya hahay. Beneran lho di pos pandang kawasan ini saya menjumpai bukan hanya satu tapi lebih dari 7 ekor. Selain itu juga banyak burung-burung khas rawa basah gitu macam Kuntul, Bango, dan keturunannya.

rawa
Gambar Boga Abah

Itu baru saya lihat dari atas ya jadi kalau mau wisata alam bak amazon ya kudu ngurus izin dulu ke dinas terkait yang harus dipersiapkan dengan budget matang. Suasana adem bak puncak bisa dirasain disini sob apalagi harum semerbak bunga pohon kopi yang duhh aduhai terbawa oleh semilir angin gunung menjadi relaksasi tersendiri.

Kalau mau kesini sebetulnya gratis ya kalau di tempat menara pandang atau pelataran pandang, cuma bayar parkir saja sekira 3 ribuan yang dipungut oleh warga yang sambilan jualan Jagung Bakar di seberang jalan pos pandang.

Sore pun menyudahi kunjungan saya dan lanjut balik ke Serang via jalur Mancak lumayan treknya naik turun naik cocok buat yang hobi sepedahan nih sob. apalagi jalur ini terbilang adem sekalipun lumayan lama juga dari jalur utama Cilegon-Serang tapi yah terbayar dengan semua keindahannya.

Dan semoga Pak Polisi sudah pada bubar jalan ke rumah masing-masing, do’akan akyuu ya sob selamat sampai rumah, cussss…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s