Wisata Tak Terduga Ke Pulau Dewata

Berlibur merupakan suatu acara yang direncanakan dengan matang dari jauh hari sehingga semua itinerarynya tersusun dengan mantap, terutama di Budget. Namun yang terjadi terhadap saya ialah selalu dadakan dan pastinya minus persiapan. Biasanya saya berlibur kepikiran pas mau tidur di malam minggu ataupun pas malam libur lainnya, entah di tempat manapun yang terlintas saat itu.

Seperti akhir bulan Oktober lalu saya terlintas ingin bepergian ke Bali dan besoknya langsung cuuuuusss.. berangkat 🙂

Monumen yang menyambut saya di Pelabuhan Gilimanuk
Monumen yang menyambut saya di Pelabuhan Gilimanuk

Sampailah saya ke Bali dan bingung juga mau ngapain setelah sampai di Pelabuhan Gilimanuk, sebelumnya saya naik ferry dari pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Setelah sarapan di terminal bus Gilimanuk saya browsing rute ke Denpasar dari pelabuhan Gilimanuk ini, dan dapat saya tempuh menggunakan mini bus dengan biaya Rp. 40.000 saja sampai ke terminal Ubung dengan waktu tempuh 3 jam-an kurang lebih.

Setelahnya saya pikir nggak afdol dong kalau ke Bali nggak ke kawasan Kuta yang terkenal seantero jagat raya 🙂  dan perjalanan ke Kuta membutuhkan dua kali naik kendaraan umum lagi, aduhh busyet dahhh saya mulai kepikiran biaya nihh jangan-jangan saya nanti nggak bisa pulang, terlebih saya takut nggak bisa nginap.

Mulai dari sini saya mau kasih wejangan buat kalian semua jangan pernah deh jalan-jalan dadakan dan terlebih biayanya juga dadakan karena saya sendiri kena batunya nih hadewhhh…

Lanjut dari terminal Ubung saya naik angkutan umum ke Terminal Tegal dan dari sini kalau mau ke Kuta tinggal naik mobil semacam PS atau Elf jurusan Kuta. Namun dari terminal Ubung hingga Kuta saya sendiri penumpangnya jadi untuk harga pun kudu nego dulu agar bisa langsung jalan dan lagi-lagi ini menguras dana dadakan saya oh noooo…

Monumen Bom Bali
Monumen Bom Bali

Begitu melihat monumen Bom Bali, saya pikir sampailah saya ke Kuta, untuk mencapai monumen yang berada di Legian Street ini pun saya harus jalan kaki karena angkutan di Bali pada setengah hati mengantarkan penumpang. Saya anggap wajar sih karena menurut pengakuan sopir angkutan di Bali nyari penumpang sudah susah karena banyak yang memilih rental kendaraan pribadi baik roda dua maupaun roda empat. Hati siapa coba yang tak luka dan jadi kecewa hahaha apa ini kok nyanyi, maksud saya hati siapa yang tak terenyuh mendengar pengakuan para sopir angkot tersebut.

Gaiss… saya pikir di Bali tuh bebas macet tapi ternyata yang namanya macet itu sudah jadi budaya Indonesia ya. Kemacetan pun saya rasakan sampai gang Popies atau lebih dikenal dengan Popies Line. Popies Line merupakan surga penginapan murah di Kuta menurut para traveler sih bukan menurut saya 🙂

Popies Line di Pagi hari
Popies Line di Pagi hari

Kalau ingin menyusuri jalanan di Kuta ataupun sekitaran panatai Kuta baiknya di pagi hari karena masih sepi dan bebas macet seperti foto diatas, kebayangkan tuh gang sempit banget diisi manusia lalu lalang dengan kendaraan serta atribut lainnya pokoknya semraut dah, tapi seru juga sih disini kalau malam hari terdengar hingar bingar pesta di bar-bar sepanjang jalan Popies ini. Berasa di dunia lain deh pokoknya dan kalau boleh saya bilang sih ini seperti bukan Indonesia karena kebanyakan Bule dan semua fasilitas disini merupakan kebutuhan mereka, jadilah saya minoritas di negri sendiri 😦 haha nggak sampai segitunya ya.

Sunset at Kuta Beach
Sunset at Kuta Beach

Begitu saya telusuri terus jalan gang Popies ini saya langsung ketemu dengan Pantai Kuta persis sebrangya Beachwalk Mall. Dari pantai saya bisa melihat landainya pasir putih serta pesawat yang hendak mendrat di Bandara International I Gusti Ngurah Rai Bali. Tak terasa waktu sudah gelap dan saya pun bergegas mencari kamar yang masih tersedia dan tentunya bersahabat dengan dana dadakan saya haha 🙂

2 thoughts on “Wisata Tak Terduga Ke Pulau Dewata

Leave a Reply

