Mendaki Gunung Pulosari

Mendaki gunung merupakan wisata sekaligus tantangan mengingat membutuhkan banyak persiapan dan terutama fisik. Gunung Pulosari yang terletak di Pandeglang Banten ini merupakan kali kedua saya melakukan wisata naik gunung, sebelumnya Gunung Pinang yang masih di kawasan Provinsi Banten menjadi awal minat saya naik gunung. Namun Gunung Pulosari berbeda dari Gunung Pinang, karena Gunung Pulosari medan pendakian sangat real alami dari jalan setapak berupa batuan dan akar pohon. Sedangkan Gunung Pinang sejatinya bukit dan jalannya beraspal yang menjadi pembedanya.

Gunung Pulosari adalah gunung berapi di Kabupaten Pandeglang, Banten, Indonesia. Walaupun tidak ada data letusan yang pernah terjadi, tetapi terdapat aktivitas fumarol yang terjadi di dinding kaldera dengan kedalaman 300 meter dan tinggi gunung 1.346 m (4.416 kaki) (Wikipedia).

2015-10-12-221
Curug Putri

Terdapat air terjun yang disebut Curug Putri, pada saat foto diambil debit airnya tidak begitu banyak mengingat musim kemarau. Selain itu di curug ini kita bisa melihat Surili, Primata sejenis monyet dan ia mudah dilihat di pepohonan sekitar curug. Rasa lelah seketika terbayar dengan pemandangan asri tersebut.

Lanjut lagi di pendakian selanjutnya kita akan sampai di kawah belerang yang merupakan titik kedua pendakian Gunung Pulosari sekaligus tempat mendirikan tenda bagi yang ingin bermalam dan beristirahat untuk Summit Attack istilah naik ke puncak paling atas gunung.

Kawah Belerang Gunung Pulosari.
Kawah Belerang Gunung Pulosari.

Bau pekat belerang langsung menyambut saya ketika hampir sampai di pos pendakian kedua dan benar saja kawah belerang persis di depan. Para pendaki banyak menghabiskan waktu disini untuk mengabadikan moment sekaligus beristirahat. Wajar saja mereka betah disini mengingat terdapat warung, toilet serta mushola disini.

Untuk mencapai puncak tertinggi dibutuhkan waktu tempuh lagi sekitar 2 jam pendakian, namun saya tidak dapat kesana dikarenakan teman sependakian mengeluh kelelahan. Mungkin di lain kesempatan saya akan dan harus kesana.

Advertisements

One thought on “Mendaki Gunung Pulosari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s