Serang-Bali Naik Kereta Api

Jalan-jalan ke Bali identik dengan naik si burung besi dan tentunya budget yang tidak sedikit. Naah.. kali ini saya penasaran dengan pengalaman teman blogger yang pernah ke Bali via jalur darat dan saya pun mencoba sendiri kesana.

Menggunakan Kereta Api saya awali perjalanan pada hari Kamis tanggal satu Oktober kemarin dan selesai kembali pada tanggal enam. Selain cukup terjangkau juga mendapat pengalaman menyenangkan serta melelahkan tentunya dalam menjelajahi perjalanan setapak demi setapak (sepertinya saya ingat yang ngomong begini).

Perjalanan yang nyaris sepekan ini memiliki banyak cerita bagi saya, seperti bertemu sesama Backpacker, orang baik, orang sombong, preman, musisi jalanan dan sampai ketemu bule jalanan hehe maksudnya bule petualang.

Serang, Merupakan tempat tinggal saya yang terletak di ujung barat pulau jawa dan Bali yang sudah pasti kalian ketahui berada di ujung timur pulau Jawa yang terpisah oleh Selat Bali, dapat ditempuh sekira dua hari dua malam plus sehari lagi dari Gilimanuk ke Kuta Hufttt…. kebayang kan lelah letih lesu plus kecut yang kurasakan πŸ™‚

Bagi yang ingin mencoba bisa lihat estimasi perjalanan saya berikut ini:

Kamis 01 Oktober 2015, perjalanan saya awali dari Serang Banten menuju Jakarta ke Stasiun Pasar Senen yang memakan waktu sekira 4 jam-an Β dan pukul 11:30 WIB menuju ke Jogjakarta tujuan Stasiun Lempuyangan sampai pukul 19:50 WIB kemudian saya putuskan untuk bermalam di Jogja.

Jumat 02 Oktober 2015, Pukul 06:30 WIB menggunakan KA Sri Tanjung dari Stasiun Lempuyangan saya lanjutkan ke Banyuwangi, dan saya mulai kelelahan walaupun baru sampai Surabaya pukul 14:19 WIB Kereta berhenti lebih 20 menitan di Surabaya Gubeng. 21:35 WIB tiba di Banyuwangi Baru, Stasiun kereta yang berada di ujung timur pulau jawa benar2 melelahkan gaiss dengan waktu tempuh seperti itu mulai menyurutkan rasa petualangan saya 😦

Sabtu 03 Oktober 2015, Pukul 06:10 WIB menyebrang dari pelabuhan Ketapang Banyuwangi ke Pelabuhan Gilimanuk Bali. Transisi waktu mulai berasa ketika di Banyuwangi, mulai dari waktu pagi yang begitu cepat dan malam pun demikian cepat datangnya. Pukul 08:24 WIB atau 09:24 WITA sampai di pelabuhan Gilimanuk Bali.

Oke singkatnya dari Terminal Bus Gilimanuk ke Terminal Ubung menghabiskan waktu sekira 4 jam sudah termasuk ngetem ya tuh angkutan πŸ™‚ kemudian dari Ubung lanjut ke Terminal Tegal Sari dan sekali lagi naik angkutan lalu tibalah di Kuta, pusat hiburannya Bali. Sore sekira jam 4 sore waktu setempat saya mencari penginapan di daerah Popies Lane 2.

Setelah mendapatkan tempat menginap, dengan tubuh yang masih gontai (Jiaaaahha bahsanya) saya paksakan untuk melihat pantai Kuta jam 5 sore agar dapat melihat sunset. Jarak dari penginapan sekira 2 menitan.

Puas memandangi Sang surya kembali ke peraduannya saya pun balik keΒ Serang penginapan. Hingar bingar hiburan malam di pusatnya Paradise ini (begitu bule memanggilnya) masih terdengar dari kamar saya menginap hingga saya terlelap dan bangun pagi dan setelah mandi langsung ke Pantai Kuta lagi, Di pagi hari jalanan tampak sepi dan lebih enak dilihat. jam 9 saya check out dan bergegas balik lagi ke Serang dengan rute yang sama.

Terkesan terburu-buru memang, namun itu saya lakukan karena memang perjalanan seorang diri itu tidak cukup menyenagkan kawan terlebih di tempat yang membuat saya shock culture dan agak kesulitan beradaptasi.

Selasa 06 Oktober 2015 malam saya tiba di rumah, rasanya campur aduk gaisss pengen nangis, ketawa, manis asem asin dah pokoknya πŸ™‚ dan postingan ini merupakan versi shortnya dari perjalan panjang ini. Mungkin di postingan berikutnya saya akan coba buka-bukaan suka duka di perjalanan tentang bagaimana rasanya nge-gembel di stasiun dan bertemu orang yang baik, jahat, jutek dan sebagainya. Itu tidak akan didapat bila saya langsung terbang kali ya πŸ™‚ see ya #Journey4Freedom